SILABUS
NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Customer care)
KODE KOMPETENSI : 39.BUS.C-m.CC.01.A
ALOKASI WAKTU : 30 x45 menit
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Melakukan komunikasi di tempat kerja Pengertian Komunikasi
Dasar-dasar Komunikasi
Teknik berkomunikasi
Struktur organisasi
Karakteristik Budaya dan sosial
Sopan dan ramah dalam berkomunikasi dengan kolega/rekan kerja
Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
Merumuskan kebutuhan dan harapan pelanggan yang berbeda yang sesuai dengan sektor industri
Berkomunikasi efektif dengan kolega dan rekan
Menerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
Melakukan teknik komunikasi yang efektif berkaitan dengan:
- pendengaran
- pertanyaan
- komunikasi non verbal
- prinsip prinsip kerja tim
Membantu mengatasi keluhan pelanggan berdasarkan budaya dan sosial yang berbeda Komunikasi dengan pe-langgan eksternal dilaksa-nakan secara terbuka, profesional, ramah dan sopan.
Bahasa digunakan dengan intonasi nada yang cocok.
Bahasa tubuh digunakan secara alami/natural tidak dibuat-buat
Kepekaan terhadap per-bedaan budaya dan sosial diperlihatkan
Komunikasi dua arah yang efektir digunakan secara aktif
Perbedaan pendapat yang ada dicarikan solusi yang fleksibel dan menyenangkan kolega
Pengamatan
Tes tertulis 2 2(4)
2(8)
Buku Pelayanan Prima
2. Memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan external
Jenis-jenis pelayanan
Karakter pelanggan
Jenis-jenis kebutuhan pelanggan
Penanganan keluhan pelanggan
Pelayanan prima
Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
Sopan dan ramah ketika menangani pelanggan
Menunjukkan motivasi untuk menerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
MenjelaskanPengertian dan macam-macam berkomunikasi
MenunjukanProsedur berkomunikasi langsung
Menjelaskan karakter pelanggan
Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan pelanggan
Menjelaskan jenis-jenis keluhan tamu
Tehnik menangani keluhan pelanggan
Mendemonstrasikan pelayanan pelanggan dengan berpikiran positif
Menunjukkan bentuk-bentuk sikap menghargai
Mendemonstrasikan perhatian penuh kepada pelanggan
Mencatat kebutuhan pelanggan
Memberikan bantuan sesuai dengan standar pelayanan
Melakukan komunikasi dengan bertatap muka
Menangani keluhan pelanggan Kebutuhan dan harapan pe-langgan, termasuk hal-hal dengan kebutuhan tertentu diidentifikasi secara benar dan layanan yang tepat di-berikan
Komunikasi dilakukan secara ramah, sopan dan menginformasikan produk knowledge dengan tepat
Seluruh permintaan pelang-gan yang dapat diterima dipenuhi sesuai waktu yang disepakati
Kesempatan untuk pening-katan kualitas layanan di-identifikasi dan dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi
Kekecewaan pelanggan harus cepat diketahui dan dilakukan suatu tindakan yang lebih menguntungkan pelanggan
Pengamatan
Tes tertulis
Tes lisan 2 4(8)
Pernyataan terimakasih kepada pelanggan.
Keluhan pelanggan ditangani secara positif, ramah dan sopan
Keluhan segera ditindak-lanjuti oleh orang yang tepat sesuai dengan keluhannya
3. Menjaga standar presentasi personal
Pengertian dan tujuan penampilan diri
Bekerja dengan aman
Kebersihan dan kesehatan pribadi Menunjukkan kesadaran terhadap pentingnya hygiene personal, lingkungan dan perusahaan
Menerangkan konsep pe-nampilan diri meliputi:
- Pengertian penampilan diri
- Tujuan penampilan diri
- Sikap tubuh: cara berjalan, cara berpakaian, cara berbicara
- Kebersihan dan kesehatan tubuh
Mendemonstrasikan prosedur kerja dengan aman
Mendemonstraskan prosedur kebersihan dan kesehatan pribadi
Menunjukkan penampilan pribadi sesuai standar industri “custom -made”
Menunjukkan penerapan prinsip- prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
Standar kualitas presentasi personal dilakukan dengan mempertimbangkan :
- Lokasi kerja
- Kesehatan dan kesela-matan kerja
- Persyaratan prestasi khusus untuk fungsi kerja tertentu
Penataan personal yang pantas dan tepat Pengamatan
Tes tertulis
Tes lisan 2 4(8)
4. Melakukan pekerjaan secara tim
Prinsip-prinsip bekerja dalam tim
Menunjukkan kemauan untuk mengaplikasikan teknik-teknik bekerja dalam tim
Menyatakan pendapat budaya yang berbeda
Tanggap dalam bekerja sama dengan tim
Percaya mempercayai antar anggota tim
Tolong menolong antar anggota tim
Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan
Menjelaskan pengertian bekerja dalam tim
Merumuskan tujuan bekerja dalam tim
Mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab dalam tim
Menjelaskan tahapan per-kembangan tim
Merumuskan karakter budaya yang berbeda
Mengidentifikasi bentuk-bentuk tanggung jawab masing-masing tim
Bekerja dalam tim sesuai dengan SOP yang berlaku
Kepercayaan, dukungan dan hormat diperlihatkan kepada anggota tim dalam aktifitas sehari-hari.
Perbedaan budaya dalam tim diakomodasikan.
Tujuan kerja tim secara bersama tanggung jawab individu dan tugas-tugas diidentifikasi, diprioritaskan serta diselesaikan dalam jangka waktu yang diten-tukan.
Bantuan diperoleh dari anggota tim yang lain bila dibutuhkan
Bantuan ditawarkan pada pelanggan untuk memastikan tujuan kerja yang ditentukan terpenuhi.
Umpan balik dan informasi dari anggota tim dapat dipertimbangkan
Perubahan tanggung jawab dari masing-masing individu diperhatikan, yang nantinya harus membicarakan kembali tujuan kerja tim. Pengamatan
Tes tertulis 4 8(16)
NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Customer care)
KODE KOMPETENSI : 39.BUS.C-m.CC.02.A
ALOKASI WAKTU : 28 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang berbeda
Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan oleh semua orang yang bekerja di industri “Custom-made”
Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan dan bekerja dengan kolega dengan latar belakang yang berbeda.
Sopan dan ramah ketika menangani permintaan pelanggan
Tenang dalam menyikapi pelanggan yang komplain
Mudah bergaul dengan sesama rekan kerja
Berbicara secara komunikatif dengan pelang-gan dan kolega
Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
Jujur dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan
Menjelaskan prinsip-prinsip yang menunjang kewaspadaan budaya
Menjelaskan pentingnya pengakuan atas kelompok budaya yang berbeda di Indonesia / masyarakat internasional
Pelanggan diperlakukan dengan sopan dan wajar
Komunikasi lisan dan non-lisan mempertimbangkan perbeda-an budaya.
Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan 2 4(8) 6(24) Buku Sosiologi
Buku Psikologi Industri
Menjelaskan prinsip-prinsip kesempatan yang sama bagi karyawan dan kebijakan anti diskriminasi pada karyawan secara individual.
Berkomunikasi secara efektif dengan beragam latar belakang yang berbeda:
- ras
- bahasa
- cacat (kekurangan)
- struktur keluarga
- jenis kelamin
- umur
- pilihan jenis kelamin
2. Menangani kesalah-pahaman antar budaya Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan oleh semua orang yang bekerja di industri “Custom-made”
Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan dan bekerja dengan kolega dengan latar belakang yang berbeda.
Sopan dan ramah ketika menangani permintaan pelanggan
Tenang dalam menyikapi pelanggan yang komplain
Mudah bergaul dengan sesama rekan kerja
Komunikatif berbicara dengan pelanggan dan kolega
Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
Menjelaskan prinsip-prinsip yang menunjang kewaspadaan budaya
Menjelaskan pentingnya pengakuan atas kelompok budaya yang berbeda di Indonesia
Menjelaskan prinsip-prinsip kesempatan yang sama bagi karyawan dan kebijakan anti diskriminasi yang diterapkan pada karyawan.
Hal-hal yang ditimbulkan oleh kesalahpahaman di tempat kerja harus diidentifikasi.
Kesulitan-kesulitan disampaikan pada orang yang tepat dan bantuan dicari dari pimpinan (manajer)
Kesulitan dan kesalah-pahaman dipertimbangkan berdasarkan perbedaan budaya
Usaha-usaha dilakukan untuk memecahkan masalah kesalahpahaman, dengan pertimbangan budaya.
Hal-hal dan masalah-masalah diajukan pada pimpinan (manajer) untuk ditindaklanjuti
Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan 2 6(12) 8(32)
Menemukan cara menangani kesalahpahaman secara efektif dengan beragam latar belakang budaya erbedaan meliputi:
- bahasa yang diguna-kan
- cara menyampaikan
- tingkat formalitas/
- informalitas
- tingkah laku yang tersirat
- etika kerja
- kerapian pribadi
- tuntutan keluarga
- hari libur yang diakui
- kebiasaan atau tradisi
- kebutuhan khusus
- produk yang disuka
NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja (OH&S)
KODE KOMPETENSI : 39.BUS.C-m.OH&S.03.A
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengikuti prosedur tempat kerja dan memberikan umpan balik tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan Identifikasi kesehatan di lingkungan kerja
SOP kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional
Prosedur keselamatan, dan keamanan yang berlaku di industri “Custom-made” Menunjukkan kesadaran dalam menjaga kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Teliti dalam melakukan/ melaksanakan pekerjaan
Menjelaskan pengertian kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Menjelaskan tujuan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
Menjelaskan Undang-undang ketenaga kerjaan
Menjelaskan prosedur bekerja dengan aman
Menjelaskan prosedur mencegah kebakaran
Merumuskan hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
Menerapkan prosedur bekerja sesuai dengan SOP
Prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan diikuti secara benar sesuai dengan kebijakan perusahaan dan hukum-hukum yang berkaitan serta persyaratan-persyaratan asuransi.
Pelanggaran prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan diindentifikasi dan dilaporkan segera.
Setiap sikap atau kejadian yang mencurigakan dilaporkan segera kepada orang yang telah ditunjuk.
Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan 1 1(2) Modul Kesehatan, keselama-tan dan keamanan kerja
2. Menangani situasi darurat Kondisi bahaya di tempat kerja Mengapresiasikan terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya)
Menyebutkan jenis-jenis bahaya
Menjelaskan tanda-tanda peringatan bahaya
Menerangkan situasi yang dapat menimbulkan bahaya
Menerapkan penanganan situasi darurat sesuai dengan SOP Situasi darurat dan darurat yang potensial segera di-kenali dan tindakan yang dibutuhkan ditentukan dan diambil dalam ruang lingkup tanggung jawab individu.
Prosedur keadaan darurat diikuti secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
Bantuan segera dicari dari kolega dan/atau penguasaan lain bila perlu.
Rincian situasi darurat secara akurat dilaporkan sesuai dengan kebijakan perusahaan
Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan 2 2
3. Menjaga standar prestasi perorangan yang aman Kesehatan pribadi Menunjukkan kesadaran terhadap hygiene personal
Mengapresiasikan terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya) kesehatan pribadi
Menjelaskan infeksi dan penyakit dan cara menghindarinya
Menjelaskan konsep kesehatan jasmani
Menjelaskan konsep penampilan pribadi
menerangkan prinsip bekerja dengan aman
Menunjukkan penampilan pribadi sesuai standar industri
Menerapkan prinsip- prinsip kesehatan dan keselamatan kerja Prestasi personil dipertim-bangkan berdasarkan lingkungan tempat kerja kesehatan dan keselamatan yang meliputi: menjaga kebersihan personil/grooming yang pantas
Tes tertulis
Tes lisan
Pengamatan 2 2(4)
NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 1& 2
STANDAR KOMPETENSI : Menggambar busana (Fashion drawing)
KODE KOMPETENSI : 39.Bus.C-m.FDR.04.A
ALOKASI WAKTU : 72 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menyiapkan tempat kerja (meja, alat dan lain-lain)
Pengetahuan alat dan bahan untuk menggambar. Responsip dan teliti dalam menyiapkan alat gambar
Menyebutkan tentang alat gambar
Memilih alat gambar dengan tepat sesuai kebutuhan Tempat kerja untuk meng-gambar busana disiapkan sesuai dengan kriteria prosedur kerja di industri
Peralatan untuk meng-gambar busana disiapkan sesuai kebutuhan Pengamatan
Tes tertulis 2 Buku Desain Busana
2. Menggambar busana Pengetahuan dasar-dasar menggambar meliputi:
- Unsur dan prinsip desain
- Bagian bagian busana
- Proporsi tubuh Memperlihatkan kecermatan dan ketelitian dalam menggambar
Menerangkan cara menggambar busana pada gambar proporsi
Mendemonstrasikan menggambar/mengutip gambar busana Gambar busana dikutip sesuai dengan permintaan pelanggan
Pengamatan
Tes lisan
Hasil Kerja 4 30(60)
3. Menyelesaikan gambar busana
Penyelesaian gambar, meliputi: mengarsir dan pewarnaan Menunjukkan kecermatan, ketelitian dan kerapihan dalam penyelesaian gambar
Menerangakan dasar-dasar teknik penyelesaian gambar
Menyelesaikan gambar busana dengan pinsil warna, pinsil, spidol, drawing pen Gambar busana diselesaikan sesuai dengan kebutuhan
Hasil gambar busana sesuai dengan permintaan pelanggan/pemesan
Pengamatan
Lisan
Hasil Kerja 2 34(68)
Keterangan:
TM : Tatapmuka
PS : Praktik di Sekolah (2 praktIk di sekolah setara dengan 1 tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 praktIk di Du/Di setara dengan 1 tatap muka)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar