Jumat, 11 Februari 2011

SILABUS BUSANA BUTIK

SILABUS


NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Memberikan layanan secara prima kepada pelanggan (Customer care)
KODE KOMPETENSI : 39.BUS.C-m.CC.01.A
ALOKASI WAKTU : 30 x45 menit


KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Melakukan komunikasi di tempat kerja  Pengertian Komunikasi
 Dasar-dasar Komunikasi
 Teknik berkomunikasi
 Struktur organisasi
 Karakteristik Budaya dan sosial


 Sopan dan ramah dalam berkomunikasi dengan kolega/rekan kerja
 Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
 Merumuskan kebutuhan dan harapan pelanggan yang berbeda yang sesuai dengan sektor industri
 Berkomunikasi efektif dengan kolega dan rekan
 Menerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
 Melakukan teknik komunikasi yang efektif berkaitan dengan:
- pendengaran
- pertanyaan
- komunikasi non verbal
- prinsip prinsip kerja tim

 Membantu mengatasi keluhan pelanggan berdasarkan budaya dan sosial yang berbeda  Komunikasi dengan pe-langgan eksternal dilaksa-nakan secara terbuka, profesional, ramah dan sopan.
 Bahasa digunakan dengan intonasi nada yang cocok.
 Bahasa tubuh digunakan secara alami/natural tidak dibuat-buat
 Kepekaan terhadap per-bedaan budaya dan sosial diperlihatkan
 Komunikasi dua arah yang efektir digunakan secara aktif
 Perbedaan pendapat yang ada dicarikan solusi yang fleksibel dan menyenangkan kolega
 Pengamatan
 Tes tertulis 2 2(4)
2(8)
Buku Pelayanan Prima
2. Memberikan bantuan untuk pelanggan internal dan external
 Jenis-jenis pelayanan
 Karakter pelanggan
 Jenis-jenis kebutuhan pelanggan
 Penanganan keluhan pelanggan
 Pelayanan prima
 Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
 Sopan dan ramah ketika menangani pelanggan
 Menunjukkan motivasi untuk menerapkan teknologi komunikasi verbal dan non verbal
 MenjelaskanPengertian dan macam-macam berkomunikasi
 MenunjukanProsedur berkomunikasi langsung
 Menjelaskan karakter pelanggan
 Menjelaskan jenis-jenis kebutuhan pelanggan
 Menjelaskan jenis-jenis keluhan tamu
 Tehnik menangani keluhan pelanggan
 Mendemonstrasikan pelayanan pelanggan dengan berpikiran positif
 Menunjukkan bentuk-bentuk sikap menghargai
 Mendemonstrasikan perhatian penuh kepada pelanggan
 Mencatat kebutuhan pelanggan
 Memberikan bantuan sesuai dengan standar pelayanan
 Melakukan komunikasi dengan bertatap muka
 Menangani keluhan pelanggan  Kebutuhan dan harapan pe-langgan, termasuk hal-hal dengan kebutuhan tertentu diidentifikasi secara benar dan layanan yang tepat di-berikan
 Komunikasi dilakukan secara ramah, sopan dan menginformasikan produk knowledge dengan tepat
 Seluruh permintaan pelang-gan yang dapat diterima dipenuhi sesuai waktu yang disepakati
 Kesempatan untuk pening-katan kualitas layanan di-identifikasi dan dilaksanakan sesuai dengan situasi dan kondisi
 Kekecewaan pelanggan harus cepat diketahui dan dilakukan suatu tindakan yang lebih menguntungkan pelanggan
 Pengamatan
 Tes tertulis
 Tes lisan 2 4(8)

 Pernyataan terimakasih kepada pelanggan.
 Keluhan pelanggan ditangani secara positif, ramah dan sopan
 Keluhan segera ditindak-lanjuti oleh orang yang tepat sesuai dengan keluhannya

3. Menjaga standar presentasi personal
 Pengertian dan tujuan penampilan diri
 Bekerja dengan aman
 Kebersihan dan kesehatan pribadi  Menunjukkan kesadaran terhadap pentingnya hygiene personal, lingkungan dan perusahaan
 Menerangkan konsep pe-nampilan diri meliputi:
- Pengertian penampilan diri
- Tujuan penampilan diri
- Sikap tubuh: cara berjalan, cara berpakaian, cara berbicara
- Kebersihan dan kesehatan tubuh
 Mendemonstrasikan prosedur kerja dengan aman
 Mendemonstraskan prosedur kebersihan dan kesehatan pribadi
 Menunjukkan penampilan pribadi sesuai standar industri “custom -made”
 Menunjukkan penerapan prinsip- prinsip kesehatan dan keselamatan kerja
 Standar kualitas presentasi personal dilakukan dengan mempertimbangkan :
- Lokasi kerja
- Kesehatan dan kesela-matan kerja
- Persyaratan prestasi khusus untuk fungsi kerja tertentu
 Penataan personal yang pantas dan tepat  Pengamatan
 Tes tertulis
 Tes lisan 2 4(8)
4. Melakukan pekerjaan secara tim
 Prinsip-prinsip bekerja dalam tim
 Menunjukkan kemauan untuk mengaplikasikan teknik-teknik bekerja dalam tim
 Menyatakan pendapat budaya yang berbeda
 Tanggap dalam bekerja sama dengan tim
 Percaya mempercayai antar anggota tim
 Tolong menolong antar anggota tim
 Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan
 Menjelaskan pengertian bekerja dalam tim
 Merumuskan tujuan bekerja dalam tim
 Mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab dalam tim
 Menjelaskan tahapan per-kembangan tim
 Merumuskan karakter budaya yang berbeda
 Mengidentifikasi bentuk-bentuk tanggung jawab masing-masing tim
 Bekerja dalam tim sesuai dengan SOP yang berlaku
 Kepercayaan, dukungan dan hormat diperlihatkan kepada anggota tim dalam aktifitas sehari-hari.
 Perbedaan budaya dalam tim diakomodasikan.
 Tujuan kerja tim secara bersama tanggung jawab individu dan tugas-tugas diidentifikasi, diprioritaskan serta diselesaikan dalam jangka waktu yang diten-tukan.
 Bantuan diperoleh dari anggota tim yang lain bila dibutuhkan
 Bantuan ditawarkan pada pelanggan untuk memastikan tujuan kerja yang ditentukan terpenuhi.
 Umpan balik dan informasi dari anggota tim dapat dipertimbangkan
 Perubahan tanggung jawab dari masing-masing individu diperhatikan, yang nantinya harus membicarakan kembali tujuan kerja tim.  Pengamatan
 Tes tertulis 4 8(16)





NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 1
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan pekerjaan dalam lingkungan sosial yang beragam (Customer care)
KODE KOMPETENSI : 39.BUS.C-m.CC.02.A
ALOKASI WAKTU : 28 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Komunikasi dengan pelanggan dan kolega dari latar belakang yang berbeda

 Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan oleh semua orang yang bekerja di industri “Custom-made”
 Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan dan bekerja dengan kolega dengan latar belakang yang berbeda.
 Sopan dan ramah ketika menangani permintaan pelanggan
 Tenang dalam menyikapi pelanggan yang komplain
 Mudah bergaul dengan sesama rekan kerja
 Berbicara secara komunikatif dengan pelang-gan dan kolega
 Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
 Jujur dalam memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan
 Menjelaskan prinsip-prinsip yang menunjang kewaspadaan budaya
 Menjelaskan pentingnya pengakuan atas kelompok budaya yang berbeda di Indonesia / masyarakat internasional

 Pelanggan diperlakukan dengan sopan dan wajar
 Komunikasi lisan dan non-lisan mempertimbangkan perbeda-an budaya.

 Tes tertulis
 Tes lisan
 Pengamatan 2 4(8) 6(24)  Buku Sosiologi
 Buku Psikologi Industri
  Menjelaskan prinsip-prinsip kesempatan yang sama bagi karyawan dan kebijakan anti diskriminasi pada karyawan secara individual.

 Berkomunikasi secara efektif dengan beragam latar belakang yang berbeda:
- ras
- bahasa
- cacat (kekurangan)
- struktur keluarga
- jenis kelamin
- umur
- pilihan jenis kelamin   
2. Menangani kesalah-pahaman antar budaya  Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan oleh semua orang yang bekerja di industri “Custom-made”
 Kesadaran berbudaya yang dibutuhkan untuk melayani pelanggan dan bekerja dengan kolega dengan latar belakang yang berbeda.
 Sopan dan ramah ketika menangani permintaan pelanggan
 Tenang dalam menyikapi pelanggan yang komplain
 Mudah bergaul dengan sesama rekan kerja
 Komunikatif berbicara dengan pelanggan dan kolega
 Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
 Menjelaskan prinsip-prinsip yang menunjang kewaspadaan budaya
 Menjelaskan pentingnya pengakuan atas kelompok budaya yang berbeda di Indonesia
 Menjelaskan prinsip-prinsip kesempatan yang sama bagi karyawan dan kebijakan anti diskriminasi yang diterapkan pada karyawan.
 Hal-hal yang ditimbulkan oleh kesalahpahaman di tempat kerja harus diidentifikasi.
 Kesulitan-kesulitan disampaikan pada orang yang tepat dan bantuan dicari dari pimpinan (manajer)
 Kesulitan dan kesalah-pahaman dipertimbangkan berdasarkan perbedaan budaya
 Usaha-usaha dilakukan untuk memecahkan masalah kesalahpahaman, dengan pertimbangan budaya.
 Hal-hal dan masalah-masalah diajukan pada pimpinan (manajer) untuk ditindaklanjuti
 Tes tertulis
 Tes lisan
 Pengamatan 2 6(12) 8(32)
 Menemukan cara menangani kesalahpahaman secara efektif dengan beragam latar belakang budaya erbedaan meliputi:
- bahasa yang diguna-kan
- cara menyampaikan
- tingkat formalitas/
- informalitas
- tingkah laku yang tersirat
- etika kerja
- kerapian pribadi
- tuntutan keluarga
- hari libur yang diakui
- kebiasaan atau tradisi
- kebutuhan khusus
- produk yang disuka


NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 2
STANDAR KOMPETENSI : Mengikuti prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja (OH&S)
KODE KOMPETENSI : 39.BUS.C-m.OH&S.03.A
ALOKASI WAKTU : 10 x 45 menit

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Mengikuti prosedur tempat kerja dan memberikan umpan balik tentang kesehatan, keselamatan dan keamanan  Identifikasi kesehatan di lingkungan kerja
 SOP kesehatan, keselamatan dan keamanan di tempat kerja
 Hukum kesehatan dan keselamatan kerja yang berlaku secara Internasional
 Prosedur keselamatan, dan keamanan yang berlaku di industri “Custom-made”  Menunjukkan kesadaran dalam menjaga kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
 Teliti dalam melakukan/ melaksanakan pekerjaan
 Menjelaskan pengertian kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
 Menjelaskan tujuan kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
 Menjelaskan Undang-undang ketenaga kerjaan
 Menjelaskan prosedur bekerja dengan aman
 Menjelaskan prosedur mencegah kebakaran
 Merumuskan hal-hal yang berkaitan dengan keamanan
 Menerapkan prosedur bekerja sesuai dengan SOP

 Prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan diikuti secara benar sesuai dengan kebijakan perusahaan dan hukum-hukum yang berkaitan serta persyaratan-persyaratan asuransi.
 Pelanggaran prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan diindentifikasi dan dilaporkan segera.
 Setiap sikap atau kejadian yang mencurigakan dilaporkan segera kepada orang yang telah ditunjuk.
 Tes tertulis
 Tes lisan
 Pengamatan 1 1(2)  Modul Kesehatan, keselama-tan dan keamanan kerja
2. Menangani situasi darurat  Kondisi bahaya di tempat kerja  Mengapresiasikan terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya)
 Menyebutkan jenis-jenis bahaya
 Menjelaskan tanda-tanda peringatan bahaya
 Menerangkan situasi yang dapat menimbulkan bahaya
 Menerapkan penanganan situasi darurat sesuai dengan SOP  Situasi darurat dan darurat yang potensial segera di-kenali dan tindakan yang dibutuhkan ditentukan dan diambil dalam ruang lingkup tanggung jawab individu.
 Prosedur keadaan darurat diikuti secara benar sesuai dengan prosedur perusahaan.
 Bantuan segera dicari dari kolega dan/atau penguasaan lain bila perlu.
 Rincian situasi darurat secara akurat dilaporkan sesuai dengan kebijakan perusahaan
 Tes tertulis
 Tes lisan
 Pengamatan 2 2
3. Menjaga standar prestasi perorangan yang aman  Kesehatan pribadi  Menunjukkan kesadaran terhadap hygiene personal
 Mengapresiasikan terhadap pencegahan terjadinya situasi darurat (bahaya) kesehatan pribadi
 Menjelaskan infeksi dan penyakit dan cara menghindarinya
 Menjelaskan konsep kesehatan jasmani
 Menjelaskan konsep penampilan pribadi
 menerangkan prinsip bekerja dengan aman
 Menunjukkan penampilan pribadi sesuai standar industri
 Menerapkan prinsip- prinsip kesehatan dan keselamatan kerja  Prestasi personil dipertim-bangkan berdasarkan lingkungan tempat kerja kesehatan dan keselamatan yang meliputi: menjaga kebersihan personil/grooming yang pantas
 Tes tertulis
 Tes lisan
 Pengamatan 2 2(4)




NAMA SEKOLAH : smk sholihiyyah
MATA PELAJARAN : Dasar Kompetensi Kejuruan Tata Busana
KELAS/SEMESTER : X / 1& 2
STANDAR KOMPETENSI : Menggambar busana (Fashion drawing)
KODE KOMPETENSI : 39.Bus.C-m.FDR.04.A
ALOKASI WAKTU : 72 x 45 menit
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN INDIKATOR PENILAIAN ALOKASI WAKTU SUMBER BELAJAR
TM PS PI
1. Menyiapkan tempat kerja (meja, alat dan lain-lain)
 Pengetahuan alat dan bahan untuk menggambar.  Responsip dan teliti dalam menyiapkan alat gambar
 Menyebutkan tentang alat gambar
 Memilih alat gambar dengan tepat sesuai kebutuhan  Tempat kerja untuk meng-gambar busana disiapkan sesuai dengan kriteria prosedur kerja di industri
 Peralatan untuk meng-gambar busana disiapkan sesuai kebutuhan  Pengamatan
 Tes tertulis 2 Buku Desain Busana
2. Menggambar busana  Pengetahuan dasar-dasar menggambar meliputi:
- Unsur dan prinsip desain
- Bagian bagian busana
- Proporsi tubuh  Memperlihatkan kecermatan dan ketelitian dalam menggambar
 Menerangkan cara menggambar busana pada gambar proporsi
 Mendemonstrasikan menggambar/mengutip gambar busana  Gambar busana dikutip sesuai dengan permintaan pelanggan
 Pengamatan
 Tes lisan
 Hasil Kerja 4 30(60)
3. Menyelesaikan gambar busana
 Penyelesaian gambar, meliputi: mengarsir dan pewarnaan  Menunjukkan kecermatan, ketelitian dan kerapihan dalam penyelesaian gambar
 Menerangakan dasar-dasar teknik penyelesaian gambar
 Menyelesaikan gambar busana dengan pinsil warna, pinsil, spidol, drawing pen  Gambar busana diselesaikan sesuai dengan kebutuhan
 Hasil gambar busana sesuai dengan permintaan pelanggan/pemesan
 Pengamatan
 Lisan
 Hasil Kerja 2 34(68)
Keterangan:
TM : Tatapmuka
PS : Praktik di Sekolah (2 praktIk di sekolah setara dengan 1 tatap muka)
PI : Praktek di Industri (4 praktIk di Du/Di setara dengan 1 tatap muka)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar